Bagaimana Teknologi Seluler Mengubah Pendidikan?

Sejak penemuannya, teknologi telah memainkan peran yang semakin besar dalam kehidupan kita. Ini termasuk sistem pendidikan dan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Setiap hari, instruktur menggabungkan berbagai perangkat teknologi dan menyesuaikan strategi mereka untuk meningkatkan pertukaran informasi dengan pelajar. Melihat bagaimana pelajar sangat terkait dengan teknologi dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, mengenali potensinya dalam pendidikan merupakan langkah besar menuju transformasi pendidikan sebagaimana adanya.

Sebagian besar siswa saat ini tidak tahu hidup tanpa teknologi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa teknologi dan koneksi internet saat ini tersedia di lebih dari 90% dari semua ruang kelas. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, dapat dikatakan bahwa sebagian besar pencarian dilakukan dengan smartphone. Karena itu, kami menghadapi kebutuhan mendesak untuk menerapkan teknologi seluler dalam pendidikan dan meningkatkan pembelajaran dengan bantuannya.

Dampak Mobile Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa
Transisi penuh dan sukses ke ruang kelas yang diperkaya teknologi tampaknya masih jauh, tetapi keunggulan teknologi seluler dalam pendidikan sudah cukup terlihat. Berikut adalah cara teknologi seluler mengubah pendidikan saat ini.

1.Pembelajaran Diferensiasi
Dengan penggunaan perangkat seluler, sistem dapat menikmati pembelajaran yang lebih personal. Bagaimana? Nah, teknologi memungkinkan instruktur dan sistem pendidikan menyediakan berbagai cara belajar bagi siswa.

Dengan begitu, jika seorang siswa, katakanlah, lebih merupakan pembelajar visual, dia akan mendapat manfaat dari materi interaktif di perangkat pintar mereka. Siswa yang berbeda yang belajar lebih baik saat membaca, dapat menggunakan buku teks online.

Ini menjawab pertanyaan ‘apa itu teknologi seluler dalam pendidikan?’ Teknologi seluler memungkinkan kemungkinan tak terbatas bagi siswa untuk belajar dengan cara yang paling cocok untuk mereka sebagai individu.

2.Akses Informasi
Teknologi memberi kita akses tak terbatas ke informasi, sesuatu yang telah menjadi tujuan pendidikan sejak lama. Dengan bimbingan yang tepat dari instruktur, siswa akhirnya dapat menikmati akses tak terbatas ke data untuk penelitian mereka. Misalnya, mereka dapat menggunakan perangkat seluler mereka untuk menemukan topik TI terbaik untuk makalah mereka berikutnya, menemukan fakta menarik tentang subjek yang mereka pelajari, atau bahkan membuat catatan yang berguna dan terorganisir secara otomatis yang akan mencegah mereka melewatkan tenggat waktu.

Berbicara tentang tenggat waktu, teknologi menawarkan manfaat lain kepada siswa. Dengan perangkat mobile, mereka sekarang dapat menggunakan layanan penulisan proposal disertasi dan menghindari tenggat waktu karena mereka gagal melakukan penelitian atau menulis konten, bahkan jika mereka sudah memulai kelas di sekolah.

3.Pemantauan dan Penilaian Waktu Nyata
Perangkat seluler dapat menyediakan metrik dan mengumpulkan data yang mengarah pada umpan balik dan penilaian yang tidak bias, akurat, dan instan pada pekerjaan setiap siswa. Ini telah menjadi tugas yang sangat sulit bagi instruktur dan sangat sering, mereka gagal mempertimbangkan sesuatu. Dengan menjadikannya otomatis dengan penggunaan perangkat seluler, setiap orang kini memiliki akses ke penilaian dan pemantauan langsung kemajuan siswa.

Apakah itu profesor atau orang tua, penilaian dan pemantauan waktu nyata memungkinkan mereka untuk melihat apakah seorang siswa memenuhi tujuan pendidikannya. Untuk membuat segalanya menjadi lebih baik, penilaian semacam itu akan membantu meningkatkan keseluruhan kurikulum dan menunjukkan hal-hal yang harus dikerjakan oleh setiap siswa.

4.Tugas Otomatis
Semua tugas yang membosankan dan melelahkan yang harus dilakukan oleh guru dan siswa dengan tangan sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat seluler. Saat ini, ada banyak program mobile pendidikan yang mengatur jadwal, tugas kelas, menilai tugas, serta memungkinkan komunikasi antara guru dan siswa terjadi secara real time.

Siswa saat ini mengharapkan bantuan perangkat seluler mereka. Jika instruktur menggunakan pendekatan strategis dalam integrasi alat otomatisasi, semua orang dapat memperoleh manfaat darinya.

5.Fleksibilitas untuk Belajar dari Mana Saja
Dengan ponsel mereka yang berguna, siswa sekarang memiliki kesempatan untuk memperluas pembelajaran mereka di luar kelas tradisional. Teknologi diketahui dapat mengurangi jumlah kertas dan buku yang harus selalu dibawa oleh siswa dan instruktur, serta memproses tugas secara real time agar instruktur dapat menilainya

Perangkat seluler saat ini menurunkan segala macam hambatan dalam hal melakukan penelitian, mengatur pekerjaan rumah dan tugas, serta belajar. Kebebasan untuk mengakses informasi penting dari mana saja dengan koneksi internet menguntungkan semua orang, tetapi ini sangat penting bagi mereka yang sedang dalam proses pembelajaran yang sebenarnya.

Kesimpulan
Saat ini kita hidup di dunia revolusi digital. Teknologi telah menjadi bagian dari pendidikan cukup lama sekarang, tetapi integrasi perangkat seluler masih agak baru. Namun, dengan peningkatan pesat dalam penggunaan perangkat seluler dan fakta bahwa saat ini lebih sering digunakan daripada desktop, penggunaan teknologi seluler di kelas menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Perangkat seluler di dalam kelas benar-benar dapat mengubah pembelajaran dan memberikan dampak positif dalam sistem pendidikan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.